Apa Betul Kutu Buku Itu Kuper?

on Jumat, 28 November 2014


Kenapa ya, seorang yang dijuluki kutu buku kadang identik dengan kata kuper alias kurang pergaulan? Bahkan di beberapa film seolah menggambarkan kutu buku adalah sosok dengan kaca mata tebal, nggak modis, penyendiri, membosankan dan tertindas. Duh, padahal pendapat itu jelas salah banget! 

Dari dulu istilah kutu buku memang sudah ada, menggambarkan orang yang mencintai buku dan hobi membaca. Tapi sayangnya, sebagian orang justru menganggap kutu buku di sekarang itu nggak keren. Apa betul begitu?

http://www.thequotepedia.com/quotes/books/page/13/


Kata George R.R Martin, Penulis asal Amerika yang lahir tahun 1948 "A reader lives a thousand lives before he die." Ya, betul banget! Orang yang hobi membaca bisa hidup dalam ratusan kehidupan lain sebelum ia mati. Saat membaca novel, kita akan diajak berpetualang dalam ceritanya, mengambil banyak pelajaran hidup, sekaligus menikmati saat-saat membaca sebagai suatu hal yang menyenangkan dan menarik.

Pencinta buku punya segudang informasi yang belum tentu dipunyai semua orang. Salah banget, kalau ada yang bilang kutu buku itu kuper. Justru para pencinta buku lebih banyak tahu informasi daripada orang yang nggak suka baca buku. Pencinta buku bukan orang yang membosankan. Pencinta buku bisa nyambung diajak ngobrol banyak hal dan nggak gampang kehabisan tema obrolan seru. Alasannya jelas banget, karena informasinya selalu ditambah melalui membaca.

Para pencinta buku lebih banyak menghabiskan waktunya untuk membaca, sebagian orang menganggapnya penyendiri. Tapi menghabiskan waktu untuk membaca tentu jauh lebih baik daripada membuang-buang waktu untuk hal sia-sia, kan? Seperti menghabiskan waktu buat ngerumpi berjam-jam, menghamburkan uang di mall, bolak-balik update status di sosial media, manfaatnya nggak sebanyak saat kamu menghabiskan waktu sambil membaca lho.

Kalau kamu sering dianggap penyendiri karena terlalu asyik dengan buku-bukumu, coba luangkan waktu lebih banyak untuk menyapa sekitamu juga. Supaya mereka lebih mengenalmu dan tahu kalau karena membaca, kamu justru jadi semakin menarik dan keren!

http://www.pinterest.com/pin/428756826998661386/
Yuk, buktikan bahwa pencinta buku adalah orang yang menyenangkan! Kamu juga bisa menyalurkan hobi membacamu agar bisa bermanfaat juga bagi orang lain lewat tulisan. Buat resensi-resensi dari buku-buku yang pernah kamu baca di blog pribadimu, supaya orang-orang jadi semangat ikut membaca. Banyak banget hal yang bisa dibanggakan karena kita suka membaca. Seperti kata Lloyd Alexander,"Keep reading! It's one of the most marvellous adventures that anyone can have."




 





4 komentar:

  1. Yupp..informasinya bener banget. Setuju !!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih ya sudah berkunjung ke blog ini. Let's enjoy !

      Hapus
  2. Balasan
    1. Wahh...terimakasih sudah berkunjung :)
      Semoga tulisannya bermanfaat ya^^

      Hapus