Review #10 Angel, Kisah Seorang Gadis dan Pria Tampan Jelmaan Malaikat Maut

on Kamis, 06 November 2014


Judul : Angel, Kisah Seorang Gadis dan Pria Tampan Jelmaan Malaikat
Nama Penulis : Ashara
Penerbit : Safirah
Editor : Addin Negara
Tata Sampul : Ferdika
Tata Isi : Lestari
Pracetak : Wardi
Tahun Terbit : Mei 2012
Edisi : Cetakan Pertama
ISBN : 978-602-191-315-4




Sinopsis :

Azalea melemah, “Aku membutuhkan gadis itu sekarang! Serahkan dia padaku, Angel! Jika tidak, aku akan merebutnya paksa darimu.”
***
Kehidupan Ellectra Wood yang tenang dan cenderung membosankan tiba-tiba berubah setelah menjalani operasi cangkok jantung yang seharusnya tak berjalan dengan sukses. Suara-suara aneh mulai kerap menghantui pikirannya. Dan, pembicaraan tanpa wujud itu hanya merujuk pada dua nama: Angel dan Azalea. Elle pun harus menghadapi serangkaian kejutan yang tak terbayangkan.
Semua itu tak lepas dari sosok orang-orang yang satu per satu hadir di kehidupannya, mulai dari D.A. Vanderson dengan sikap dinginnya, Jenny McCaughill dengan keramahannya yang dibuat-buat, Eric Cavallari dengan sikap penuh tanggung jawab, namun berpamrih, hingga Rosarynn yang bertindak bagai psikopat karena menginginkan nyawa Elle.
Kolaborasi keempatnya menciptakan serangkaian scenario atas gadis itu. Sebuah scenario perburuan memperebutkan nyawa Elle demi menolong Azalea.
Siapakah sebenarnya Azalea? Mengapa Angel selalu berusaha menghalangi pembunuhan itu? Siapa sebenarnya keempat orang itu? Kisah perburuan nyawa yang berlandaskan cinta segi banyak menjadikan setiap konflik dalan novel ini terjalin dengan apik, mendebarkan, juga penuh kejutan. Sebuah perpaduan antara romance dan thriller yang sempurna!
Selamat membaca!

Yeyyy !!! Si Kutu Buku alias Si Maniak ini akhirnya sudah me-review 10 buku dalam dua bulan. Pencapaian yang ngebut pakek banget ya *hehe. Sebenarnya saya punya koleksi buku yang tidak bisa dibilang sedikit. Sekitar 60 novel-lah yang sekarang ini menumpuk di rumah saya. Dan sepuluh diantaranya (yang sudah saya review) ini adalah buku yang baru saya beli. Buku lama koleksi saya belum saya review. Kenapa ? Karena saya belum ada waktu buat baca lagi. Soalnya saya juga lagi berperang dengan waktu(?) Baiklah…tanpa berlama-lama, yuk simak saja review dari saya.

My Review :

“Siapa yang tidak takjub melihatnya? Angel terlalu sempurna. Ketampanannya tidak tertahankan. Tapi, dia adalah milikku.” (hal. 273)

Novel Angel bercerita tentang seorang gadis bernama Ellectra Woods. Yang berkarakter kuper, anak penurut dan kelewat rajin, rapuh sekaligus tangguh, pendiam namun sekali waktu bisa menjadi sangat konyol. Hidupnya menjadi sangat aneh setelah gadis itu menjalani operasi
cakok jantung. Suara-suara aneh muncul dalam pikirannya. Yang berhasil membuatnya hampir sinting. Bukan, ia tidak hampir sinting. Namun ia menganggap dirinya sinting. Kenapa ia harus terlibat dalam percakapan aneh dan segala omong kosong tentang Angel, Azalea, dan lain-lain. Ia bahkan ditimpa kemalangan beruntun dan kegilaan aneh.

Tentang orang-orang yang mulai hadir dalam hidupnya seperti D.A. Vanderson, Jenny McCaughill, Eric Cavallari hingga Rosarynn yang sama-sama menginginkan nyawanya (D.A. Vanderson tidak termasuk, ia malah terus melindungi Elle) Bayangkan, dua puluh empat jam belum berlalu namun Elle nyaris tewas tiga kali dalam sehari.

“Berpura-puralah ceria di saat situasi sedang menekanmu. Sehingga dari kepura-puraan itu, akan muncul suntikan semangat yang membuatmu ceria sungguhan.” (hal. 282)

Tidak ada kata-kata yang bisa menggambarkan novel ini. Bukan…bukannya tidak ada, tapi saya tidak tahu bagaimana menggambarkan novel ini dalam kata-kata. Novel ini sudah mencakup semuanya. Cinta? Iya. Ketulusan? Iya. Pengorbanan? Iya. Romance? Iya. Thriller? Apa lagi..sangat iya. Amazing? Sangat malah. Keren? Bukan keren lagi…tapi double keren. Jadi dua kata lah yang mau saya sampaikan. Yang pertama W.O.W !! Yang kedua T.O.P

Saya bingung mau berkomentar seperti apa. Karena saya sudah dibuat meleleh duluan oleh novel karya kak Ashara ini. Saya kira ini novel terjemahan. Karena bahasanya mirip terjemahan novel barat. Namun, setelah tahu kalau penulisnya, penulis dalam negeri, barulah saya terbengong-bengong. Bahasanya mirip banget sama kayak novel terjemahan. Bukan hampir mirip…tapi mirip banget. Detail. Karena sekarang ini saya sudah bisa membedakan ciri khas antara novel Barat dan novel Indonesia, Jepang atau Korea, jadi saya tahu kalau novel ini lebih condong ke barat. Meskipun novelnya lebih condong ke barat-baratan, tapi it’s okay lah…karena novel ini mampu membuat saya tak henti-hentinya berdecak kagum.

Narasinya yang panjang dan merobek mata memang sedikit mengganggu bagi sebagian orang…namun saya malah tidak terganggu dan tidak pernah bosan membalikkan halaman demi halaman dalam novel ini.

Penulis juga menyajikan penggambaran karakter para tokohnya dengan sangat beragam dan seakan-akan nyata. Sebut saja :
D.A. Vanderson : Tenang, dingin, misterius, tampan dengan mata berwarna cokelat tua nyaris hitam. Yang menjadi tokoh favorit saya dalam novel ini.

Penulis menyajikan alur yang smooth namun mendebarkan. Saya bahkan dibuat terkejut berulang kali. Setiap membalikkan halaman saya selalu berpikir, “Ada kejutan apa lagi ya?” Pokoknya kesan thriller perpaduan romance didalam novel ini sangat kental dan disusun dengan sangat apik dan rapi. Konflik kisah cinta segi banyak yang ditampilkan pun mampu membuat perasaan saya campur aduk membayangkan ‘bagaimana ya endingnya?’

Dan saya dibuat sebal setengah jengkel dengan sikap Angel sewaktu semuanya kembali normal. Dugaan seperti ‘apakah ia akan kembali pada Azalea?’ membuat saya sedikit meradang. Ah..rupanya saya sudah masuk dalam ceritanya tanpa saya sadari. Saya bahkan dibuat geregetan sendiri saat membacanya. Saat Angel dan Elle berjalan sebelahan, namun Angel tetap tidak mengatakan hal apapun pada Elle. Memandangpun sepertinya ia tak sudi. Dan saya sempat berpikir ‘inikah akhir dari semuanya…Oh…No !!!’ Saya tidak rela.

Ada beberapa percakapan favorit yang saya temukan dalam novel ini, diantaranya :
“Harus kujelaskan dengan cara macam apa? Kau memahami bahasa manusia kan, Elle? Jadi, biar kuulang. Aku tak akan pergi karena itu berarti aku harus meninggalkanmu dan aku tidak mau!” (hal. 298)

“Bagi dunia ini mungkin kau hanya seseorang. Tapi, bagi seseorang, kau adalah dunianya. Dan orang itu adalah aku,” (hal. 298)

“Aku sudah bilang padamu bahwa aku mencintaimu. Sebegitu sulitkah mempercayai hal itu ?” (hal. 299)

Saya mau memakan novel itu lho saking gemesnya. Okay…saya tahu ini berlebihan. Namun saya ini maniak novel thriller perpaduan romance lho ! Jadi nggak heran kalau saya senyum-senyum sendiri waktu membaca percakapan itu. So sweet banget lah…istilahnya.

Soal endingnya. Ah…ini nih yang buat saya kecewa. Endingnya terlalu mudah ditebak. Padahal di halaman sebelumnya udah diterangin kalau Angel sekarang adalah mortal, tapi kok ya Elle lupa sih, sampai dia harus teriak-teriak nyuruh Angel pergi nggak jelas padahal Angel juga nggak akan pergi. Kenapa ? Ya…karena mortal itu tadi. Endingnya kurang twisted.
But, overall, saya sangat menikmati perjalanan Angel dan Elle dalam novel thriller perpaduan romance ini.

Kalau tadi percakapan favorit, sekarang kalimat favorit yang bisa dijadiin quotes :
“Bersembunyi di balik rasa bersalah jelas bukan cara ampuh untuk memperoleh jawaban.” (hal. 36)
“Manusia selalu berubah, apalagi setelah ditimpa banyak kejadian gila.” (hal. 156)
“Tidak berbuat sesuatu terasa lebih mengerikan daripada gagal melakukan sesuatu.” (hal. 174)
“Betapa menyakitkan jika harus menanggung cinta tak berbalas…” (hal. 226)
“Keajaiban berbeda dengan kemustahilan, bukan? Meski langka, keajaiban masih bisa terjadi. Berbeda dengan kemustahilan yang merupakan harga mutlak.” (hal. 228)

Dan ini yang terakhir. Saya memasukkan kak Ashara ke dalam list “Penulis Novel Indonesia” favorit saya. Saya sudah mengantongi sebanyak 3 penulis Indonesia yang karyanya mampu membuat saya berdecak kagum. Dan untuk selanjutnya…saya akan mencari dan membaca novel lagi agar list penulis novel favorit saya bertambah banyak *hehe. Okay…see you di review-review saya yang lainnya \(^-^)/

1 komentar:

  1. Haloo kamu masih punya buku fisiknya kah? Aku boleh beli nggak? Aku pengen banget baca buku ini 🙏
    Makasi sebelumnya!

    BalasHapus