Judul
: Sukses Membangun Toko Online
Nama
Penulis : Carolina Ratri
Penerbit : Stiletto Book
Editor : Herlina P. Dewi
Proof Reader : Weka Swasti
Desain Cover : Teguh Santosa
Layout Isi : Deeje
Tanggal Terbit : Juli 2014
Edisi
: Cetakan Pertama
ISBN
: 978-602-7572-29-4
Sinopsis
:
Menjalankan bisnis di era digital
seperti ini, rasanya sayang sekali jika tidak ikut memanfaatkan kecanggihan
internet. Bagi anda yang sudah sukses membangun bisnis secara konvensional, kehadiran
internet pasti akan membuat produk Anda lebih dikenal. Dan, buat anda yang baru
mau mulai membangun toko online, pengetahuan tentang seluk beluk bisnis
berbasis internet mutlak diperlukan. Dalam buku ini, Anda akan dipandu
membangun sebuah toko online secara bertahap
~ Mengenal pernak-pernik toko online
(sistem penjualan,
jasa pengiriman, dll).
~ Persiapan apa saja yang harus dilakukan
(modal,
perlengkapan, dll)
~ Membuat dan mempercantik tampilan web toko online.
~ Meningkatkan kunjungan ke toko online.
~ Memanfaatkan media sosial sebagai alat promosi.
~ Menjaring pelanggan melalui pelayanan yang prima.
~ Contoh-contoh toko online yang dikelola perempuan.
“Seorang
pemenang tidak akan menyerah hanya karena mengalami beberapa kegagalan, atau
menjumpai sedikit tantangan untuk dikalahkan di depan mata.” (hlm. 202)
Buku
Sukses Membangun Toko Online yang
tergolong non fiksi—buku pandungan ini memang sangat bermanfaat. Terutama bagi
para pemula yang ingin membuka toko online tapi masih bingung bagaimana cara
membuatnya atau step-step yang perlu diperhatikan.
Salut deh sama kak RedCarra yang
punya ide buat buku panduan seperti ini. Ide membuat buku panduan seperti ini
memang sederhana, tapi tak banyak yang bisa melakukannya. Jadi, buat
orang-orang yang masih ragu-ragu untuk membuat toko online, dengan adanya buku
panduan ini mereka sangat terbantu.
“Tidak ada kesuksesan tanpa usaha dan
kerja keras.” (hlm. 196)
Dalam Sukses
Membangun Toko Online kak
RedCarra mengupas tuntas tentang dunia toko online yang mungkin sangat awam
bagi sebagian orang. Apalagi buat orang yang belum mengerti dunia per-online-nan atau yang gaptek,
buku ini setidaknya membantu mereka yang ingin sukses dalam menjalani bisnis
online.
“Masalah memang akan selalu tampak
rumit, namun ketika kita sudah mendapat jalan, kadang kita tersadar kalau
ternyata solusinya begitu sederhana.” (hal. 199)
Sukses Membangun Toko Online berisi tentang pengenalan sebelum
kita benar-benar membuat website tentang toko online, seperti ‘Apa itu toko Online ?’ dan ‘Mengapa berbisnis Online?’ Jadi kita
semakin mantap untuk membangun toko online dengan adanya panduan ini.
Di bab selanjutnya kita akan
dikenalkan tentang persiapan toko online yang meliputi penentuan sistem
penjualan, produk yang dijual, jasa pengiriman, dsb. Apalagi kita akan di ajari
juga untuk membuat logo toko sendiri, membuat website dan mempercantik
tampilan website kita .
Keren kan ? Kurang komplit apa lagi coba informasinya ?
Informasi tentang website penyedia
template gratis yang diberikan oleh kak RedCarra juga sangat bermanfaat.
Terumata untuk saya *hehe.
Memang sih kalau kita cari di mbah google cara membuat website atau
tips-tips membangun toko online ada, tapi kita sendiri bakalan malas bacanya
kalau dalam bentuk softcopy. Dan
kalau dibukukan seperti ini pembaca dimudahkan dalam membaca. Apalagi kalau
sudah dibukukan seperti ini, mau dibawa kemana pun dan mau dibaca dimana pun,
ni buku ayo-ayo aja kan ?
Kalau mengecek editornya yang ada
dua, harusnya bebas dari typo. Tapi ini masih ada, seperti di halaman 16 dan 143.
Agak pusing dan bingung memang kalau
hanya membaca tanpa mempraktekkannya. Jadi benar kata penulis, sambil baca
sambil dipraktekkan juga *hehe. Sekali dayung dua tiga pulau terlampaui. Jadi
selain dapat ilmunya, kita juga dapat membuat website untuk toko online kita
tanpa kebingungan.
Saya jadi makin semangat
mengutak-atik blog sendiri dengan adanya pandungan dari buku ini. Informasi
tentang Blogspot, fungsi dari masing-masing elemen-elemen di dalam Blog, serta
informasi tentang Do’s dan Don’t’s membuat
saya semakin mengerti.
Informasi penting yang
saya dapat dari buku ini diantaranya :
Kepercayaan
dari pelanggan harus diperhatikan. Kita harus pandai-pandai menjaga komitmen
sebagai pemilik toko online. Jangan sampai mengecewakan pelanggan. (hlm. 19)
Jangan
sembarangan mengategorisasi produk dalam toko online. Karena kategorisasi
barang merupakan hal yang penting dalam toko online. (hlm. 63)
Memberikan
informasi produk dengan selengkap-lengkapnya dan sejelas-jelasnya. (hlm. 67)
Kejelasan
profil toko online menjadi faktor penentu kedua pembeli memutuskan belanja di
satu toko online tertentu. (hlm. 78)
Sebenarnya
masih banyak hal penting lainnya, namun saya tidak mungkin menuliskan semuanya
disini. Jadi kalau mau tahu, yuk segera pesan buku ini di website-nya Stiletto
Book www.stilettobook.com
#SekalianPromosi-in *hehe
Covernya simple, perpaduan warnanya balance, dan overall saya memberi 4 bintang untuk novel non-fiksi ini. Kalo gitu yuk mulai membuat toko
online dengan panduan buku ini^^
Link Review di
Goodreads :https://www.goodreads.com/review/show/1101994290?book_show_action=false
Makasih yaaa, sudah direview ^^
BalasHapusIyaa kak, sama-sama^^
HapusTerimakasih infonya gan, lebih enak lagi kalau jualan online via jasa shopious gan :D pusatnya toko online :D
BalasHapus