Review #12 Why ?

on Sabtu, 15 November 2014



Judul : Why ?
Nama Penulis : Cuncun
Penerbit : Zettu
Cover Designer : Oesman
Layout : Raimon Putra
Penyunting Naskah : Agis Agoesta
Tahun Terbit : 2014
Edisi : Cetakan Pertama
ISBN : 978-602-1298-16-9

Sinopsis :
“Memangnya apa itu cinta ? Sebegitu rumitkah cinta ? Seperti apa rasanya ? Kenapa aku selalu melihat cinta hanyalah sebuah bencana ?”

“Apa pun yang kurasakan dulu padanya yang terpenting adalah sekarang bukan ? Aku mencintaimu. Yakinlah. Lalu bersikaplah seolah kau adalah pemilikku. Halaulah siapa pun yang berusaha mendekatiku. Kau mengerti ?”

Aku ingin terbangun dan terjaga tanpa mengingat masa lalumu, tanpa mengingat semua lara hidupku. Aku ingin mencintaimu dengan rasa yang tulus, ingin bisa memilikimu tanpa harus merasa takut semua getir itu akan terulang kembali. Yakinkan aku bahwa kaupun inginkan hal yang sama, tanpa aku harus bertanya lagi, kenapa ?

Hai….kembali lagi dengan Si Kutu Buku.
Pertama-tama saya ingin mengucapkan terimakasih kepada kak CunCun yang memberikan hadiah buku ini kepada saya + TDD-nya lagi. Khamsahamnida *hehe

My Review :

“Memangnya apa itu cinta ? Sebegitu rumitkah cinta ? Seperti apa rasanya ? Kenapa aku selalu melihat cinta hanyalah sebuah bencana ?” (hal. 74)

Why ? Bercerita tentang gadis bernama Yukio Akanishi yang tinggal di Taiwan. Hobinya yang berenang tiap pagi di kolam renang indoor yang berada satu gedung dengan apartemennya itu tak sengaja mempertemukan dirinya dengan salah seorang member boyband ECHO, Kevin Wu. Hidupnya yang selalu di atur oleh ayahnya, membuatnya dijodohkan dengan seorang laki-laki yang ia pikir tak mungkin akan ia temui di dunia nyata.

Why ? Bercerita tentang traumatic seorang Yukio Akanishi. Menguak tentang dirinya di masa lalu. Tentang keluarganya yang begitu rumit. Juga tentang kisah cintanya yang terhubung oleh takdir di masa lalu.

Saya suka dengan novel ini, karena penulis langsung menyajikan inti dari ceritanya. To the point. Tanpa bertele-tele. Ide ceritanya juga unik. Perjodohan. Dan saya tidak menyangka kalau si tokoh utama akan dijodohkan dengan artis terkenal.

Ada beberapa kejadian flashback yang disajikan penulis di pertengahan cerita. Juga penggambaran tokoh Yukio yang mengalami trauma akan kecelakaan ibunya semakin menguatkan karakternya.

Tapi sangat disayangkan untuk deskripsi setting seperti Tokyo Dome-nya kurang di eksplor. Dan ada beberapa setting lain yang menurut saya kurang sekali penggambarannya.

Untuk kekurangannya adalah masalah typo. Masalah yang umum di dalam dunia penerbitan. Dan dalam novel ini saya masih banyak menemukan typo, terutama di awal-awal cerita. Seperti contoh :
“Nanti saja. Biar Otou-san sendiri yang menjelas!” (hal. 13) Harusnya kan kata yang saya garis bawahi itu benarnya “menjelaskan”.
“Terangku segera karena merasa tak ena dengan perubahan…” (hal. 26) Harusnya yang betulkan tak enak.

Peulisan penggalan percakapannya agak membingungkan. Di awal-awal cerita percakapannya ada yang di font miring, ada yang tidak. Dan di pertengahan cerita sampai akhir, font-nya kembali normal (maksudnya tidak ada font miring seperti awal cerita)

Ada beberapa perubahan situasi yang membingungkan. Seperti contoh di hal 53 bagian bawah:
Aku pun juga menyambut pelukan hangatnya itu dengan melingkarkan tanganku di pinggannya.
Dan scene selanjutnya adalah
Apa-apaan, sih ? Pagi-pagi sudah ada yang menelepon. Aku ngantuk, tahu !
Lho ? Ini maksudnya gimana ?
Tanpa ada keterangan penjelas berhentinya adegan sebelumnya sudah berakhir kok dihalaman selanjutnya sudah ada adegan lain yang nggak nyambung. Sarannya sih, harusnya diberi penanda bahwa adegan sebelumnya itu telah berakhir. Dan hal ini masih saya temukan di halaman-halaman tertentu.

Saya suka covernya. Simple. Perpaduan warnanya itu pas. Tulisan Why dengan ditambah huruf hanguel semakin menambah unik covernya. Overall, saya sangat menikmati perjalanan cinta gadis bernama Yukio Akanishi ini.

Quotes :









4 komentar:

  1. Terima kasih untuk rasanya. Sangat bermanfaat bagiku. Makasih banget yak... :)

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. kayanya bagus nih, thanks infonya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa, sama-sama. Semoga bermanfaat^^

      Hapus