[Review] Best of Singapura

on Jumat, 22 Mei 2015
Judul : Best of Singapura
Nama Penulis : Ninda Harahap
Penerbit : PT Elex Media Komputindo
Tanggal Terbit : November 2014
Edisi : Cetakan Kedua
Jumlah hal.: ix+214 halaman
ISBN : 978-602-02-3116-7
Rating : 3 dari 5 bintang

Singapura! Rasa-rasanya nama negara mungil ini sudah dikenal oleh hampir semua orang di tanah air. Kecil, mungil, bersih, teratur, nyaman, begitu rata-rata kesan pelancong yang pernah berkunjung ke sana. Walaupun kecil, Singapura tidak henti-hentinya menjadi tempat yang dilirik dan dikunjungi pelancong sepanjang tahun.

Banyak faktor yang menjadikan Singapura sebagai tempat utama tujuan wisata para pelancong baik dari Asia, Eropa, dan belahan bumi lainnya. Beragam objek wisata menarik tersebar dipulau ini. Selain itu, keadaan Negara yang stabil, tidak adanya pertikaian politik juga menjadi faktor pendukung. Salah satu ciri khas Singapura adalah membangun sesuatu yang berbeda dari negara-negara lain, sehingga membuat orang penasaran untuk berkunjung.

Landmark paling terkenal di Singapura adalah patung Merlion. Patung berkepala singa dan berbadan ikan yang menggambarkan bahwa Singapura adalah kota nelayan pada masa lalu merupakan destinasi wisata yang wajib dikunjungi oleh para pelancong dari berbagai negara.

Ingin menaiki bianglala tertinggi di dunia dan melihat sebagian wilayah Malaysia dan Indonesia dari puncaknya? Singapore Flyer adalah pilihannya. Dengan tinggi 165 meter dan 32 menit dalam satu putaran, para pelancong dari berbagai negara akan disuguhi keindahan yang tidak ada duanya.

Atau ingin berkunjung ke teater pertama di Asia Tenggara yang menggunakan teknologi 4D? Sentosa 4D Magix adalah solusinya. Terletak di pulau Sentosa, disana kita bisa duduk dan menikmati pertunjukan film sambil merasakan sensasi air yang menyemprot, gelitikan di kaki, kursi yang bergetar, dan guncangan di tempat duduk.

Di malam hari, kita bisa berjalan-jalan ke Boat Quay yang merupakan pusat perdagangan. Berbagai restoran, bar, pub memenuhi dermaga sungai yang bersih dan tertata rapi dan selalu ramai pada malam hari. Kita juga bisa menyaksikan pertunjukan musik di atas air di tempat terbuka. Song of the Sea. Pertunjukan yang hanya diselenggarakan saat tidak hujan.

***

Akhir-akhir ini saya suka membaca buku-buku travelling / buku-buku tentang traveler. Mungkin ini karena saya baru saya menghabiskan novel Nomadic Heart karya kak Ariy yang berhasil membuat saya menyukai dunia traveler.

Namun, kebanyakan destinasi yang dihadirkan disini adalah khusus keluarga dan anak-anak. Saya belum menemukan tempat yang pure untuk remaja / tempat nongkrong remaja yang banyak dikunjungi di Singapura. Bahkan  satu tempat yang saya harapkan akan dibahas dalam buku ini juga tidak ada. Kinokuniya. Iya…tempat dimana ada buku disana. Saya termasuk pecinta buku, jadi tempat itu bakal menjadi salah satu tempat yang ingin saya kunjungi. Dan entah kenapa saya tidak menemukannya di dalam buku ini. Agak kecewa juga sih.

Banyak informasi mulai dari Letak geografis, kondisi iklim dan waktu, cara memesan tiket dan bekal uang, hingga informasi tentang money changer dan kartu telepon prabayar di tuliskan dalam buku ini, sehingga memudahkan orang yang ingin berkunjung kesana untuk pertama kalinya.

Semuanya tertulis secara detail. Mau cari hotel dari yang paling murah sampai berbintang pun ada. Bahkan penulis menambahkan nomor telepon yang bisa dihubungi jika ingin memesan hotel. Kuliner singapura juga dijelaskan disini. Tempat-tempat makan berlebel halal maupun tidak dijelaskan penulis agar traveler Indonesia mudah mencari makanan halal. Kalaupun tidak ada lebel halal, penulis menyarankan untuk bertanya kepada penjualnya langsung, karena mereka akan menjawab pertanyaan itu.


0 komentar:

Posting Komentar