Bulan Bersinar di Bulan Maret

on Jumat, 23 Januari 2015


Judul : Story About You
Nama Penulis : Ozaki Ira
Alih Bahasa : E. Lunari
Editor : Widya Erweniati
Desain Grafis : Heru Lesmana
Penerbit : m&c!
Tanggal Terbit : 2012
Edisi : Cetakan Kedua
ISBN : 978-602-21-0395-0

“Banyak yang ingin kuceritakan padamu. Setiap hari dengan semangat aku pergi naik kereta. Karenanya sekarang bawalah padaku. Bawalah dia padaku. Karena aku menunggunya di sini.” – Kiyosu – At The Train Station

Masih sama seperti manga-manga kebanyakan, Story About You ini juga merupakan kumpulan dari 3 cerita pendek. Kisah pertama di isi oleh judul The Moon Shines On March. Bercerita tentang anak laki-laki yang akan lulus SMP tapi masih belum menemukan pacar atau istilahnya jatuh cinta. Padahal di saat kelulusan nanti biasanya anak laki-laki akan melepaskan kancing kedua bajunya untuk orang yang ia sukai. Konfliknya masih sama, yaitu seputar kisah percintaan anak remaja.

Kisah kedua di isi oleh judul At The Train Station. Bercerita tentang seorang gadis yang patah hati karena ternyata kakak kelas yang ia sukai sudah memiliki pacar. Untuk menghibur diri ia memilih bolos sekolah dan pergi dengan kereta api kemana saja tanpa tujuan dan malah bertemu dengan gurunya. Pertemuan itulah yang membuatnya kembali jatuh cinta. Awalnya saya tidak begitu tertarik dengan cerita ini, namun begitu membuka halaman terakhir saya rasa saya menyukai kisah ini. Begitu manis dan menyentuh.

Dan kisah terakhir di isi oleh judul Story About you yang merupakan milik dari covernya sendiri dan mengambil porsi lebih banyak dibandingkan yang lainnya. Bercerita tentang seorang gadis bernama Hikari yang ternyata menyimpan rahasia tentang kakak kembarnya, Akari. Dalam cerita ini Hikari digambarkan sebagai gadis yang kesepian. Meskipun ia memiliki keluarga dan disayangi, ia masih merasa tak bahagia. Karena, orang yang dicintainya tidak bisa bersamanya dan dirinya malah dijodohkan dengan pria lain yang belum ia kenal. Dan konflik yang dituturkan penulis benar-benar membuat saya mengeryit sekaligus terkejut. Konflik seorang gadis yang kesepian begitu kuat disini. Saya tidak menyangka bahwa  teori-teori awal saya tentang ‘Ah, pasti ending-nya juga begini’ terpatahkan. Saya bahkan membaca kisah ketiga ini berulang kali saking tidak percayanya.

Memang kalau membaca sebuah manga biasanya saya harus baca sebanyak dua kali. Pertama kali baca yang saya perhatikan adalah gambarnya, baru setelah yang kedua kalinya saya akan benar-benar membaca ceritanya. Yah…begitulah adanya saya. Dan untuk novel ini saya agak kebingungan dengan alur yang dibuat penulisnya. Meskipun begitu, saya sangat menikmati setiap cerita yang dituturkan oleh penulisnya.

Well, tiga kisah di atas benar-benar membuat saya menyadari bahwa cinta memang tidak bisa dipaksakan dan tak semua cinta bisa saling memiliki.

“Apa aku bisa menemuimu lagi? Kisah jalan hidupku, juga orang-orang yang kucintai. Banyak sekali yang ingin kuceritakan padamu. Kau yang tertawa saat mendengar ceritaku, kemudian kau akan memelukku, kan ?”- Hikari - Story About You

4 komentar:

  1. Baca manga kalo hanya sekali kurang resep alur ceritanya kalo saya kadang sampe berkali-kali tapi tiap baca pasti ndapet sesuatu yang belum kitatemui di bacaan2 sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga punya kebiasaan begitu...nggak dapet feel-nya kalau baca cuma satu kali

      Hapus
  2. yang cerita kedua itu berarti si gadis pacaran ama gurunya gitu? *lha malah minta spoiler*
    btw foto komik yang dibaca (paperback) atau screen capture (Ebook) nya nggak ada yah? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. mending baca sendiri deh kak, nggak seru kan kalau saya beritahu. Kalau soal fotonya, ada sih, tapi lagi males buat foto-in paperback. Penginnya instan, jadi ambil aja di google (hehe)

      Hapus