[Review] Cat and Dog

on Senin, 25 Januari 2016



Judul : Cat and Dog
Penulis : Park Hee-Jung
Penerjemah : Silvanissa
Penyunting : Novianita
Proofreader : Selsa Chintya
Layout : Valencia Brigitta
Penerbit : Haru
TanggalTerbit :Februari 2016
Edisi :CetakanPertama
Tebal : 195 halaman
Rating : 4,2  dari 5 bintang

Joo Yeong Woo
Meski hanya bertemu sekali saat masih balita, perlahan aku mulai jatuh cinta pada Mo Seul Woo, tunanganku yang tampan dan juga seorang artis. Akhirnya, hari pernikahanku tiba!

Mo Seul Woo
Aku cuma bertemu dengannya sekali sepuluh tahun yang lalu saat dia masih bayi, dan cewek itu buang air besar di depanku. Aku tidak akan pernah menikahinya.

***
“Aku percaya pada cinta seperti dongeng. Dimulailah cerita tentang putri yang sering menangis, Putri Pyeongkang, yang diancam ayahnya akan dinikahkan dengan si bodoh Ondal bila ia tidak berhenti menangis. Tanpa disadari cerita yang diceritakan berkali-kali kepada anak perempuan pun dimulai.” –Yeong Woo

Yeong Woo yang dalam dua bulan lagi akan genap berusia 19 tahun harus menikah dengan Seul Woo—artis tampan yang sejak kecil sudah dijodohkan dengannya. Berbeda dengan Yeong Woo yang tampak gembira akan hal itu, Seul Woo malah sebaliknya. Bagaimana tidak, kesan pertama Seul Woo saat bertemu dengan Yeong Woo saat kecil sangat buruk dan membuatnya tidak ingin menerima perjodohan itu. Ia bahkan menolak dan berkata tidak ingin pergi berulang kali kepada ibunya. Namun, entah karena alasan apa, Seul Woo akhirnya datang dan menjemput istrinya.

Seolah perjodohan itu belum juga mengacau kehidupannya, cinta dari masa lalu-nya, Ha Yoon selalu datang dan mengusik ketenangan batinnya. Gadis itu, selalu saja membuat Seul Woo merasa tak berdaya dan selalu mengalah.

“Kenapa aku selalu…melakukan kesalahan yang sama. Aku tahu kalau salah. Tetapi, kenapa selalu…Memilih pilihan yang salah.” –Seul Woo

“Terlalu mencintai nggak akan bikin mati.” –Seul Woo

Lalu, perjalanan hidup Yeong Woo baru saja dimulai. Bagaimana ia harus hidup dengan suami yang bahkan tidak cukup ia kenal, bagaimana ia harus menghadapi kedatangan orang ketiga yang bisa saja menghancurkan mimpi indahnya, dan bagaimana reaksi Yeong Woo kalau ia tahu suaminya bahkan masih mencintai gadis di masa lalunya?

“Mulai sekarang kau akan sama-sama menderita bersamaku. Berbeda dengan apa yang kau pikirkan, kan? Mau bagaimana lagi, Tuan Putri. Dongeng telah berakhir.” –Seul Woo

Ada dua tipe buku yang sulit di review. Pertama, karena bukunya bagus banget sampai si reviewer bingung mau meresensi seperti apa saking bagusnya. Kedua, karena isi dari cerita dalam bukunya kurang menarik, terlalu umum dan plotnya mudah ketebak. Dalam hal ini, novel ini masuk kategori pertama. Saya bahkan sempat bengong di depan laptop karena bingung harus menulis review-nya dari mana. Belum apa-apa saya sudah jatuh cinta dengan Cat and Dog ini.

Dua kata untuk webtoon ini: Kocak dan Keren.
Tiga permasalahan yang saya tangkap dari webtoon ini: Perjodohan, Cinta Masa Lalu dan Karir.
Saya belum terlalu mengenal karakter tokoh-tokoh dalam cerita ini, jadi agak bingung juga untuk mendeskripsikan satu per satu. Belum apa-apa udah bersambung di buku keduanya. Namun terlepas dari itu semua ilustrasi webtoon dari novel ini benar-benar bagus. Nggak bohong, keren banget. Inilah yang membuat saya menyukai komik yang 80% ceritanya berkisah melalui gambar. Karena itulah kita bisa menikmati perubahan mimik para tokohnya dengan jelas. Emosi yang sedang mereka alami pun secara tidak langsung akan tertular kepada pembacanya.

Adegan konyol para tokoh yang hadir dalam cerita ini pun terlihat sempurna dan bisa buat saya tertawa. Awal-awal saja saya sudah dibuat cekikikan sendiri. Saya sangat iri dengan seseorang yang dikaruniai kemampuan menggambar yang bagus, jadi sekali lihat ilustrasi di komik ini saya tahu penulis benar-benar pandai menggambar. Nggak hanya itu, dia juga pandai membuat cerita. Ah, komplit banget ya. Makin ngiri :D

Kalian harus baca buku ini. Trust me! Aku jamin nggak bakal nyesel deh. Oke, idenya memang pasaran ya, tentang perjodohan. Tapi lebih dari itu cerita dalam novel ini nggak sesederhana kelihatannya. Seorang gadis desa (Yupp itu kesan pertama saya waktu liat Yeong Woo yang masih pakai hanbok) yang dijodohkan dengan cowok yang keren dan hidup di dunia modern menggambarkan dua sisi yang berbeda dan saling berlawanan. Tapi saya yakin alur cerita dari komik ini pasti seru. Kepolosan Yeong Woo dan sikap dingin Seol Woo terasa cocok sekali di komik ini. Saya berharap segera bisa baca komik keduanya. Pengen liat bagaimana Yeong Woo akan beradaptasi dengan dunia suaminya yang penuh gossip (Maklum Seul Woo kan artis :D) Satu hal yang saya lihat dari karakter Seul Woo adalah dia tipe cowok yang kalau suka dengan seseorang, susah buat melupakan.

Masih banyak misteri terselubung dalam komik pertamanya ini. Bagaimana awal mereka bisa dijodohkan, kenapa Seul Woo akhirnya menerima perjodohan itu padahal dari awal ia sangat keukeh nggak mau datang, lalu bagaimana dengan perjalanan cinta mereka benar-benar membuat saya penasaran. Jadi nggak sabar pengen lanjut baca buku keduanya. Pasti nggak kalah kecenya. Karena saya juga nggak akan melewatkan seri keduanya #Peace

Selamat berkenalan dengan Yeong Woo dan Seul Woo^^

0 komentar:

Posting Komentar